Tugas Pokok dan Fungsi


1. KEPALA DINAS

     TUGAS  :

Merumuskan menetapkan, memimpin penyelenggaraan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan urusan Pemerintahan bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada kabupaten

2. SEKRETARIS

TUGAS :

Merumuskan konsep kebijakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan, pembinaan, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi kegiatan perencanaan, keuangan, ketatausahaan, kerumahtanggaan, hukum, kehumasan, organisasi dan tatalaksana, kepegawaian, pelayanan administrasi dan kearsipan dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dalam tugasnya Sekretaris dibantu oleh:

a. Kepala Sub Bagian Perencanaan.

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang perencanaan program kerja di lingkunan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

b. Kepala Sub Bagian Keuangan.

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijkan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang pengelolaan keuangan di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

c. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang ketatausahaan, kerumahtanggaan, hukum, kehumasan, organisasi dan tatalaksana, kepegawaian, pelayanan administrasi dan kearsipan di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

3. BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK.

TUGAS:

Merumuskan konsep kebijakan, mengkoordinasian dan melaksanakan kebijakan, pembinaan, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi kegiatan, identitas penduduk, pindah datang dan pendataan penduduk.

Dalam tugasnya Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk  meliputi :

a. Seksi Identitas Penduduk

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan pelayanan pendaftaran penduduk bidang identitas penduduk

b. Seksi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk.

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan pelayanan pendaftaran penduduk bidang pindah datang dan pendataan penduduk.

 

4. BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL

TUGAS :

Merumuskan konsep kebijakan, mengkoordinasian dan melaksanakan kebijakan, pembinaan, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi kegiatan kelahiran dan kematian dan perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan.

Dalam tugasnya Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil  meliputi :

a. Seksi Kelahiran dan Kematian

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan pelayanan pencatatan sipil bidang pencatatan kelahiran dan kematian.

b. Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Pewarganegaraan.

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan pelayanan pencatatan sipil bidang pencatatan perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan pewarganegaraan.

 

5. BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

TUGAS :

Merumuskan konsep kebijakan, mengkoordinasian dan melaksanakan kebijakan, pembinaan, fasilitasi,monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi kegiatan sistem informasi administrasi kependudukan dan pengolahan dan penyajian data kependudukan.

 Dalam tugasnya  Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan meliputi :

a. Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan pengumpulan data kependudukan.

b. Seksi Pengolahan Dan Penyajian Data Kependudukan

Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan pengumpulan data kependudukan

 

6. BIDANG PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI PELAYANAN

Tugas:

Merumuskan konsep kebijakan, mengkoordinasian dan melaksanakan kebijakan, pembinaan, fasilitasi,monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi kegiatan kerjasama dan inovasi pelayanan dan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

Dalam tugasnya Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan  meliputi :

a. Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan.

 Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentang penyelenggaraan kerjasama dan inovasi pelayanan.

 b. Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan.

 Tugas:

Menyiapkan bahan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan, melaksanakan pembinaan dan fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan tentangpenyelenggaraan penyusunan profile kependudukan kabupaten serta pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.