Sudah KTP Elektronik tetapi daftar buka rekening di Bank tidak muncul ?

Image

Banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya KTP Elektronik atau Surat Keterangan pengganti KTP Elektronik dalam menunjang kegiatan sehari-hari, namun ada kalanya untuk keperluan tertentu tidak bisa digunakan karena terjadi data tidak bisa di baca oleh instansi tertentu, sebagai contoh untuk pendaftaran buka rekening di Bank, BPJS, BPN/pertanahan, Imigrasi untuk pendaftaran CPNS, untuk registrasi Simcard Kartu seluler dan lain-lain.

Penyebab hal tersebut adalah data yang digunakan oleh instansi pengguna data warehouse kependudukan tidak selalu update sehingga ketika masyarakat melakukan perubahan elemen data di Dindukcapil atau di kecamatan setempat data tidak secara otomatis ikut berubah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut yang perlu dilakukan oleh instansi pengguna adalah melakukan update ke Dirjen Administrasi Kependudukan melalui instansi vertikal. Kaitannya dengan perbedaan data antara KTP Elektronik atau Surat Keterangan pengganti KTP Elektronik yang dimiliki warga masyarakat dengan data yang ada di instansi pengguna, masyarakat dapat juga melakukan pengecekan data ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas pada Bidang PIAK untuk dilakukan update data Kependudukan dengan membawa KK/KTP sehingga akan diketahui penyebab masalah tersebut.

Juga bisa dilakukan pendaftaran update data secara online melalui https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/pelayanan/pelapor/pendaftaran di menu update data, silahkan memasukan no nik yang mau di update dan masukkan kode verifikasi,  Setelah masuk silahkan isikan alamat email dan no HP, silahkan ajukan data KK yang akan diupdate dan lampiri data KK dalam bentuk jpeg, selanjutkan kirim data.
jika data sudah dikirim akan kita proses dan menerima balasan proses update melalui email.

Untuk konsultasi silahkan hubungi nomor (0281) 621612 dihubungkan dengan Bidang PIAK

 

 

.

Komentar