Kunjungan Kerja dari Kota Surakarta ke Dindukcapil Banyumas tentang Pelaksanaan SAKIP

Dilihat : 3274 Kali, Updated: Jumat, 20 September 2019
Kunjungan Kerja dari Kota Surakarta ke Dindukcapil Banyumas tentang Pelaksanaan SAKIP

Pada hari ini Jumat tanggal 20 September 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas mendapat kunjungan kerja dari Dindukcapil Kota Surakarta, kunjungan tersebut terkait pelaksanaan SAKIP. 

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

Cikal bakal lahirnya SAKIP LAKIP adalah berasal dari Inpres No.7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Instansi Pemerintah dimana didalamnya disebutkan Mewajibkan setiap Instansi Pemerintah sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, dipandang perlu adanya pelaporan akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah.

Dengan adanya sistem SAKIP dan LAKIP bergeser dari pemahaman "Berapa besar dana yang telah dan akan dihabiskan" menjadi "Berapa besar kinerja yang dihasilkan dan kinerja tambahan yang diperlukan, agar tujuan yang telah ditetapkan dalah akhir periode bisa tercapai".

Laporan SAKIP terdiri atas dokumen perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian

Komentar