Dindukcapil melakukan pelayanan online untuk mengurangi penyebaran Virus Corona dan Tata cara pendaftaran online

Dilihat : 1219 Kali, Updated: Jumat, 20 Maret 2020
Dindukcapil melakukan pelayanan online untuk mengurangi penyebaran Virus Corona dan Tata cara pendaftaran online

Sehubungan dengan penyebaran virus COVID 19 di Indonesia dan sudah sampai ke wilayah Kabupaten Banyumas, maka dalam rangka untuk menekan penyebaran virus tersebut Dindukcapil selama ini pelayanan dilakukan dengan tatap muka dan online. Per tanggal 18 Maret 2020 Pelayanan Dindukcapil hanya di layani lewat online dengan alamat https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/pelayanan/ . Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan silahkan manfaatkan pelayanan online tersebut.

Syarat untuk melakukan pelayanan kependudukan online harus memiliki akun email terlebih dahulu. setelah itu buka alamat  https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/pelayanan/ .

 

 

jika masyarakat baru pernah mendaftar maka silahkan klik pendaftaran baru. Isikan NIK dan tulis ulang kode sesuai yang tertera di kolom 

 

Masukkan alamat email dan no HP

 

 

Untuk mengetahui pasword aplikasi silahkan Masukkan alamat email yang dimiliki

 

 

 

Masukkan lagi ke aplikasi https://gratiskabeh.banyumaskab.go.id/pelayanan/

Klik login, lalu masukkan NIK dan pasword yang dikirim lewat email tersebut

 

 

Aplikasi pelayanan kependudukan sudah terbuka silahkan melakukan pendaftaran sesuai dengan keperluan masing-masing

 

Untuk mempermudah dalam proses pelayanan online kami akan jelaskan fungsi masing-masing menu.

Penjelasan masing-masing menu ini agar tidak salah dalam pendaftaran, persiapkan terlebih dahulu berkas yang akan di upload untuk masing-masing menu. pastikan ketika anda untuk mengupload semua berkas di masing-masing keperluan, kami tidak bisa memproses selama tidak ada lampiran data yang diupload. dan ketika semua berkas di upload harus di klik kirim agar kami dapat menerima pendaftaran anda. 

1. Akte Kematian : di peruntukan untuk proses pembuatan akte kematian

persyaratan : mengupload bukti surat kematian/Formulir kematian dari Desa/Kelurahan (F2.29), KK asli, jika meninggal meninggal dari rumah sakit agar melampirkan surat kematian dari dokter/rumah sakt.

Persyaratan akan diverifikasi oleh petugas jika permohonan di terima maka untuk pengambilan dapat dilakukan ke kecamatan setelah 1 x 24 jam dengan membawa berkas yang diupload.

2. KIA ( Kartu Identitas Anak)

persyaratan : mengupload foto KK asli, Akte kelahiran, untuk anak usia diatas 5 tahun agar mengupload foto berwarna anak ukuran 4 x 6 

pengambilan KIA ke kecamatan setelah diverifikasi oleh petugas setelah 1 x 24 jam

3. Kartu Keluarga : Diperuntukan untuk perubahan elemen biodata seperti perubahan nama, pendidikan, pekerjaan, tanggal lahir, alamat RT/RW, tempat lahir, golongan darah.

persyaratan : mengupload KK asli, KTP el, melampirkan Formulir perubahan biodata, perubahan pendidikan melampirkan foto ijasah, 

jika berkas permohonan di terima untuk hasil KK akan di kirim dalam bentuk PDF dan akan di kirim lewat email dan dapat di cetak di kecamatan masing-masing.

4. Pindah Keluar : Diperuntukan untuk permohonan pindah antar kabupaten dan antar propinsi, sedangkan untuk perpindahan antar desa dan kecamatan dilaksanakan di masing-masing kecamatan tidak bisa dilayani di pelayanan online ini.

Persyaratan : mengupload Pengantar dari Desa permohonan pindah, KK asli, KTP el yang mau pindah, alamat tujuan pindah

jika berkas permohonan di terima untuk hasil surat pindah akan dikirim dalam bentuk PDF ke alamat email dan dapat di cetak sendiri menggunakan kertas HVS putih 70 gram untuk di bahwa ke daerah tujuan

5. Kedatangan : Di peruntukan untuk permohonan kedatangan dari luar Banyumas,

Persyaratan : mengupload berkas surat pindah (SKPWNI) dari daerah asal. silahkan masukkan nik yang pindah tersebut dan masukkan NO. SKPWNI

jika berkas permohonan di terima untuk hasil KK akan di kirim dalam bentuk PDF dan akan di kirim lewat email dan dapat di cetak di kecamatan masing-masing.

6. Akte Kelahiran Anak : Diperuntukan untuk pembuatan akte kelahiran tambah jiwa di bawah 60 hari dan diatas 60 hari sudah masuk dalam KK. jika belum masuk dalam KK dan usia yang mau dibuatkan lebih dari 60 hari sementara di tunda.

Persyaratan : mengupload KK asli, surat nikah orang tua, surat kelahiran dari Desa/kelurahan, surat kelahiran dari penolong persalinan(Bidan/dokter)

7. KTP elektronik : di peruntukan untuk permohonan pembuatan KTP el, 

persyaratan : mengupload KK asli, jika hilang melampirkan surat kehilangan dari kepolisian, dan posisi data tidak ada perubahan data, jika masih ada perubahan harus diajukan dulu di menu 3. Kartu Keluarga untuk dilakukan perubahan data.

jika berkas permohonan di terima maka KTP el dapat di cetak di kecamatan masing-masing.

8. Update Data : di peruntukan untuk update kepentingan bank, BPJS, imigrasi, pertanahan, kepolisian, KUA dan posisi data sudah benar. menu ini bukan untuk perubahan elemen KK, jika masyarakat mengurus KK karena ada perubahan data silahkan diajukan di Menu 3. Kartu Keluarga. Kami hanya bisa memproses untuk KK wilayah Banyumas saja, jika anda domisili luar Banyumas silahkan diajukan ke kabupaten masing-masing domisili.

persyaratan : silahkan upload KK Banyumas yang mau diupdate dan menyebutkan kepentingan untuk apa. misal : bank, BPJS, imigrasi, pertanahan, kepolisian, KUA 

jika permohonan diterima oleh kami silahkan untuk berproses ke instansi pengguna setelah 2 x 24 jam

Update untuk kepentingan sensus BPS Online tidak bisa dilakukan karena  data yang dipakai untuk data BPS Online per juni 2019 jadi bagi penduduk yang melakukan perubahan KK setelah Juni 2019 dan  tidak bisa masuk di aplikasi BPS online nanti yang akan didatangi petugas sensus tidak perlu diajukan update ke kami. 

untuk penjelasan persyaratan dokumen kependudukan dapat di lihat di website dindukcapil http://dindukcapil.banyumaskab.go.id/ di menu pelayanan

untuk hal-hal yang perlu di komunikasikan dengan kami silahkan menghubungi kontak person di bawah ini sesuai dengan permasalahan. 

Pendaftaran Penduduk ( perubahan KK, ktp el, surat pindah, pindah datang)
wa 081327635656

Pencatatan Sipil ( pembuatan akte kelahiran, kematian, akte perkawinan, pengakuan anak, akte kutipan kedua)
wa 081228174967

Data Bermasalah ( data tidak bisa untuk pendaftaran di bank, bpjs, imigrasi, kepolisian, Nik tidak sesuai dengan KK dll)
wa 08112815644

 

Admin website : Ikhsan Bagus P. SST.

Komentar