Bimbingan Teknis SMARD Tahun 2017

Dilihat : 7794 Kali, Updated: Jumat, 21 Juli 2017
Bimbingan Teknis SMARD Tahun 2017

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas dalam rangka untuk pemanfaatan data kependudukan dan guna kelancaran pelayanan kepada masyarakat. mengadakan kerjasama dengan Desa/kelurahan se-Kabupaten Banyumas dengan penerapan aplikasi SMARD ( Sistem InforMasi Manajemen AdministRasi Desa). Aplikasi tersebut memudahkan bagi Desa/kelurahan untuk melakukan manajemen data kependudukan warga masyarakatnya  pengecek sehingga dapat diketahui kondisi terkini jumlah penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan dll.Aplikasi SMARD juga menjembatani data antara data di Desa/kelurahan dengan Dindukcapil sebagai pengelola data kependudukan sehingga dapat diketahui jumlah warga yang sudah pindah dan baru datang serta dapat diketahui jika ada warga masyarakat yang mempunyai duplikasi data ganda kependudukan.


Guna kelancaran pemanfaatan aplikasi SMARD tersebut maka diadakan kegiatan Bimbingan Teknis kepada Petugas dari Desa/kelurahan yang menangani data kependudukan bagaimana menggunakan aplikasi SMARD tersebut. kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 17 Juli 2017 sampai dengan 3 Agustus 2017 yang diikuti oleh 300 Desa dan 31 Kelurahan.
Kegiatan Bimbingan Teknis SMARD ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya. Beberapa tahun nya lalu sudah dipernah dilakukan dan sebagian besar desa sudah menerapkan Aplikasi tersebut. Deengan adanya regulasi dan perbaikan pada menu maka sudah 4 kali dilakukan update aplikasi. Kegiatan Bimbingan Teknis ini diselenggarakan oleh Bidang PIAK (Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas dibantu oleh bidang-bidang terkait. Aplikasi SMARD dalam operasinya menggunakan sistem offline dimasa yang akan datang jika semua desa/kelurahan sudah terkoneksi internet dan SDM sudah siap akan diterapkan sistem online sehingga semua perubahan elemen data kependudukan otomatis terupdate.

Komentar