Stok Blangko KTP Elektronik di Dindukcapil Banyumas Habis

Dilihat : 8633 Kali, Updated: Jumat, 24 Juni 2016
Stok Blangko KTP Elektronik di Dindukcapil Banyumas Habis

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sejak 20 Juni  2016  tidak melayani pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) karena kehabisan blangko e-KTP.

"Penyebab dari habisnya blangko E-KTP disebabkan pasokan dari pusat sangat sedikit, setiap kali mengajuan permintaan hanya diberikan 1 box yang berisi kurang lebih 1800 lembar dan jumlah tersebut hanya untuk pelayanan 2-3 hari. Sampai dengan saat ini pengadaan dari pusat untuk tahun ini belum ada," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas Bapak Kartiman, SH.M.Hum di sampaikan pada saat apel pagi hari senin tanggal 20 Juni 2016.

Bagi warga yang membutuhkan fisik e-KTP dan sudah melakukan perekaman, kata dia, bisa meminta surat keterangan sebagai pengganti E-KTP untuk digunakan sementara menunggu tersedianya blangko E-KTP.

Upaya berkoordinasi dengan pusat, kata dia, berulang kali dilakukan, namun jawabannya masih tetap sama belum tersedia blangko karena masih menunggu pengadaan tahun 2016.

"Hanya saja, dari pusat juga belum bisa memastikan kapan pengadaan blangko e-KTP tersebut selesai dilakukan,"

Adapun jumlah blangko e-KTP yang dicetak selama bulan Mei 2016 sebanyak 12.445 keping.

Sementara jumlah wajib KTP per Mei 2016, tercatat sebanyak 1.284.843 orang dan sebanyak 112.150 orang di antaranya belum melakukan perekaman.

Berdasarkan pantauan, animo masyarakat untuk melakukan cetak e-KTP setiap harinya cukup banyak. Bahkan, ada yang datang ke Dindukcapil Kabupaten Banyumas lebih awal dari jam pelayanan yang dimulai pukul 07.15 WIB.

Komentar